BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Desain Penelitian
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan (action research)
atau penelitian tindakan kelas karena penelitian dilakukan untuk memecahkan
masalah pembelajran dikelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian
diskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan
dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.
Dalam penelitian
tindakan ini menggunakan bentuk penelitian kolaboratif dengan guru mata diklat
dan didalam proses belajar mengajar dikelas yang bertindak sebagai pengajar dan pengamat adalah peneliti tetapi peneliti
secara bersama-sama teman seprofesi dan supervisor melakukan pengamatan, penanggung jawab penuh penelitian
tindakan adalah peneliti. Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah meningkatkan
kemampuan dan hasil pembelajaran di kelas dimana peneliti secara penuh terlibat
dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
B.
Instrumen Penelitian
Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari :
1.
Silabus
Yaitu seperangkat rencana dan
pengaturan tentang kegiatan pembelajaran pengelolaan kelas, serta penilaian
hasil belajar.
2.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Yaitu merupakan seperangkat
pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman guru dalam mengajar dan disusun
untuk tiap putaran. Masing-masing Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berisi
kompetensi dasar, indikator pencapaian hasil belajar, tujuan pembelajaran
khusus dan kegiatan belajar mengajar.
3.
Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar
Peneliti menggunakan lembar
observasi kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan lembar observasi
aktivitas guru dan siswa untuk mengamati aktivitas siswa dan guru selama proses
pembelajaran.
C.
Subyek dan Waktu Penelitian
1.
Lokasi
Pada penelitian ini
menggunakan subyek tindakan yakni Peserta didik MIS Nurrahman Martapura kelas V (lima) pada mata pelajaran pendidikan jasmani
dan kesehatan dengan jumlah 20 orang dengan komposisi laki-laki 8 orang dan perempuan 12 orang.Alasan peneliti melakukan penelitian di lokasi tersebut karena peneliti
sudah mengetahui karakter anak dan peneliti merupakan staf pengajar di MIS
Nurrahman Martapura. Dengan demikian peneliti sudah mengenali lokasi
penelitian.
2.
Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan dalam dua minggu berturut-turut untuk
pelaksanaan dua mata pelajaran yang masing-masing 2 siklus pelajaran yaitu :
Tabel. 1
Jadwal Pelaksanaan Perbaikan
Pembelajaran PENJAS
Mata Pelajaran
|
Siklus
|
Hari/Tanggal
|
Alokasi Waktu
|
PENJASORKES
|
I
|
Senin/09Januari 2012
|
3 x 35 menit
|
Senin/16 Januari
2012
|
3 x 35 menit
|
||
II
|
Senin/ 23 Januari 2012
|
3 x 35 menit
|
|
Senin/30 Januari 2012
|
3 x 35 menit
|
Berdasarkan Tabel diatas,
pelaksanaan perbaikan mata pelajaran PENJASORKES dilaksanakan pada hari senin
9Januari 2012 dan 16 Januari 2012 pukul 08.00 sd 09.45 untuk siklus I,
sedangkan untuk siklus II dilaksanakan pada hari senin 23 Januari 2012 dan 30
Januari 2012 pukul 08.00 sd 09.45.
D.
Pelaksanaan Tindakan
Setelah diketahui permasalahan pembelajaran pendidikan jasmani
yang ada di MIS Nurrahman Martapura kemudian
diberi tindakan yaitu metode pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui
pendekatan bermain pada pendidikan jasmani. Dalam pendekatan bermain
pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dimodifikasi antara lain peraturan, alat dan ukuran lapangan.
Gambar. 1
Siklus
Penelitian Tindakan Kelas
Penjelasan Alur diatas adalah
:
1. Tahap 1 : Perencanaan Tindakan
Dalam tahap ini peneliti
menjelaskan tentang apa, mengapa, dimana, oleh siapa, dan bagaimana tindakan
tersebut dilakukan. Penelitian yang ideal sebetulnya dilakukan secara
berpasangan antar pihak yang melakukan tindakan dan pihak yang mengamati proses
jalannya tindakan.atau penelitian koloborasi.
Koloborasi dapat dilakukan
oleh dua guru yang dengan cara bergantian maengamati ketika sedang mengajar. Dalam
hal tahap penyusunan rancangan ini peneliti menentukan titik fokus peristiwa
yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk diamati, kemudian membuat sebuah
instrumen.
2.
Tahap 2 : Pelaksanaan Tindakan
Tahap ke-2 dari
penelitian tindakan adalah pelaksanaan yang merupakan implementasi atau penerapan isi rancangan, yaitu mengenakan tindakan di
kelas. Hal yang perlu di ingat adalah bahwa dalam tahap ke-2 ini pelaksana guru
harus ingat dan berusaha menaati apa yang dirumuskan dalam rancangan, tetapi
harus pula berlaku wajar, tidak dibuat-buat. Dalam refleksi, keterkaitan antara
pelaksana dengan perencanaan perlu diperhatikan secara seksama agar sinkron
dengan maksud semula.
3. Tahap 3 : Pengamatan (Observasi)
Tahap ke-3,
yaitu kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat, sebetulnya sedikit
kurang tepat kalau pengamatan ini dipisahkan dengan pelaksanaan tindakan karena
seharusnya pengamatan dilakukan pada waktu tindakan sedang dilakukan. Jadi,
keduanya berlangsung dalam waktu yang sama. Sebutan tahap ke-2 diberikan untuk
memberikan peluang kepada guru pelaksana yang juga berstatus sebagai pengamat.
4. Tahap 4 : Refleksi
Tahap ke-4
merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan. Istilah
refleksi berasal dari kata bahasa inggris reflection, yang artinya pemantulan. Kegiatan
refleksi ini sangat tepat dilakukan ketika guru pelaksana sudah selesai
melakukan tindakan, kemudian berhadapan dengan peneliti untuk mendiskusikan
implementasi dari rancangan tindakan.
E. Alat Pengumpulan Data
Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah
tes buatan guru yang fungsinya adalah : (1) untuk menentukan seberapa baik
siswa telah menguasai bahan pelajaran yang diberikan dalam waktu tertentu; (2)
untuk menentukan apakah suatu tujuan telah tercapai; (3) untuk memperoleh suatu
nilai. Sedengkan tujuan dari tes adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar
siswa secara individual maupun secara klasikal disamping itu juga untuk
mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sehingga dapat dilihat
dimana kelemahanya, khususnya pada bagian mana yang tidak dapat tercapai. Untuk
memperkuuat data yang dikumpulkan, maka juga digunakan metode observasi
(pengamatan) yang dilakukan oleh teman sejawat untuk mengetahui dan merekam
aktifitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.
F.
Teknik Pengumpulan Data
Untuk
mengetahui efektifitas suatu metode dalam kegiatan pembelajaran perlu diadakan
analisis data. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif
kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan
atau fakta dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi
belajar yang dicapai siswa untuk memperoleh respon terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa
selamsa proses pembelajaran.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
menilai langsung :
1.
Kemampuan
siswa dalam saling menghargai dan jujur
2.
Kemampuan
siswa dalam saling kerjasama dan semangat
3.
Kemampuan
siswa dalam melakukan awalan dengan berjalan 5, 7 atau 9 langkah pada lompat jauh gaya jongkok.
4.
Kemampuan
siswa dalam melakukan awalan dengan berlari pada lompat jauh gaya jongkok.
5.
Kemampuan
siswa dalam melakukan tumpuan atau tolakan pada lompat jauh gaya jongkok.
6.
Kemampuan
siswa dalam melakukanayunan tangan dan paha pada lompat jauh gaya jongkok.
7.
Kemampuan
siswa dalam melakukan gaya dengan sikap jongkok diudara pada lompat jauh gaya jongkok
8.
Kemampuan
siswa dalam melakukan Pendaratan dengan dua kaki.
9.
Kemampuan
siswa dalam melakukan gerakan lanjutan setelah mendarat pada lompat jauh gaya jongkok.
10.
Mampu menjelaskan cara melakukan
teknik dasar lompat jauh gaya jongkok.
G.
Rancangan Analisis Data
Rancangan analisis data ini
menggunakan format penilaian secara langsung pada siswa. Analisis data penelitian tindakan secara umum dilakukan
dengan mengidentifikasikan dan menunjukkan bahwa perbaikan telah terjadi.
1. Format penilaian KBM Lompat Jauh Gaya Jongkok di Sekolah Dasar
Untuk menyatakan tinggi rendahnya kualitas
pengajaran efektif yang dihasilkan dari penelitian ini digunakan format
penilaian KBM lompat jauh gaya jongkok di MIS Nur Rahman Martapura .
Tabel. 2
Norma Penilaian
Guru Terlibat Langsung dalam Proses Pembelajaran
Rentang Nilai
|
Nilai Kwalitatif
|
Ket
|
41 – 50
|
BS
|
Baik
Sekali
|
31 – 40
|
B
|
Baik
|
21 – 30
|
S
|
Sedang
|
11 – 20
|
K
|
Kurang
|
1 – 10
|
KS
|
Kurang
Sekali
|
Skala / Kreteria Guru Terlibat Langsung dalam Proses Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
Kurang Sekali
|
1.
|
Apresiasi
|
√
|
|
|
|
|
2
|
Menjelaskan Tujuan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3
|
Menjelaskan Materi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
4
|
Penggunaan Strategi/Metode
|
√
|
√
|
|
|
|
5
|
Penguasaan Media dan Sarana
|
√
|
√
|
√
|
|
|
6
|
Pengelolaan Kegiatan dan Waktu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
7
|
Penghargaan
|
√
|
|
|
|
|
8
|
Melakukan Evaluasi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
9
|
Menutup Pelajaran
|
√
|
√
|
|
|
|
2. Evaluasi
a)
Guru
Terlibat Langsung Dalam Proses Belajar
Skala : Penilaian
1. Nama Guru / Mahasiswa :
........................................................
2. NIM :
........................................................
3. Waktu :
........................................................
4. Hari / Tanggal :
........................................................
No
|
Kegiatan
|
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
KS
|
K
|
S
|
B
|
BS
|
|||
1
|
Apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menjelaskan Tujuan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menjelaskan Materi
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Penggunaan Strategi dan Metode
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Penguasaan Media dan Sarana
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pengelolaan Kegiatan dan Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Pemanasan
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penenangan
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Reward and Punishment
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Kemampuan Melakukan Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Menutup Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor Perolehan :
|
|
|
|
Tabel.3
Norma Penilaian
Penguasaan Tugas Gerak yang diberikan Guru Kepada
Siswa
Rentang Nilai
|
Nilai Kwalitatif
|
Ket
|
8 – 9,9
|
BS
|
Baik
Sekali
|
6 – 7,9
|
B
|
Baik
|
4 – 5,9
|
S
|
Sedang
|
2 – 3,9
|
K
|
Kurang
|
0 – 1,9
|
KS
|
Kurang
Sekali
|
Skala/Kriteria Penguasaan Tugas Gerak yang diberikan Guru Kepada
Siswa
a. Baik Sekali =
Setiap siswa mempunyai kejujuran dan saling menghargai dan
mampu melakukan rangkaian proses
lompat jauh gaya jongkok dengan baik dan benar
b. Baik = Setiap Siswa mempunyai kejujuran dan
saling menghargai dan
mampu melakukan rangkaian proses
lompat jauh gaya jongkok dengan benar
c. Sedang = Setiap Siswa mempunyai kejujuran dan
saling menghargai dan
mampu melakukan rangkaian proses
lompat jauh gaya jongkok dengan benar walaupun ada sedikit kesalahan pada
rangkain
d. Kurang = Setiap Siswa tidak memperdulikan
kejujuran dan saling
menghargai dan
mampu melakukan rangkaian proses lompat jauh gaya jongkok namun ada beberapa
kesalahan yang tampak terlihat
e. Kurang Sekali =Setiap
Siswa tidak jujur dan tidak menghargai teman ketika
pelajarandan ketika
melakukan rangkaian proses lompat jauh gaya jongkok banyak ditemukan indikasi
kesalahan.
a)
Penguasaan
Tugas Gerak Yang Diberikan Guru Kepada Siswa
Skala : Penilaian Gerak
No / Nama Siswa : ........ /
..........................................................
Pertemuan : .....................................................................
Hari / Tanggal :
.....................................................................
Jam :
.....................................................................
Kelas : .....................................................................
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
Keterangan
|
||||
KS
|
K
|
S
|
B
|
BS
|
|||
1
|
Kemampuan
siswa dalam saling menghargai dan jujur.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan siswa dalam saling kerjasama dan semangat
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan siswa dalam melakukan awalan dengan berjalan 5, 7
atau 9 langkah pada lompat jauh gaya jongkok.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan siswa dalam melakukan awalan dengan berlari pada
lompat jauh gaya jongkok.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Kemampuan siswa dalam melakukan tumpuan atau tolakan pada
lompat jauh gaya jongkok.
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Kemampuan
siswa dalam melakukan ayunan tangan dan paha pada lompat jauh gaya
jongkok.
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kemampuan
siswa dalam melakukan gaya dengan sikap jongkok diudara pada lompat
jauh gaya jongkok
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Kemampuan siswa dalam melakukan Pendaratan dengan dua kakipada lompat jauh gaya jongkok
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Kemampuan
siswa dalam melakukan gerakan lanjutan setelah mendarat
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Mampu menjelaskan cara melakukan teknik dasar
lompat jauh gaya jongkok
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor Perolehan :
|
|
|
Data Mengenai Keaktifan Pada
saat Proses
Kegiatan Belajar Mengajar
NO
|
NAMA
|
PERHATIAN SISWA
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
||||
11
|
||||
12
|
||||
13
|
||||
14
|
||||
15
|
||||
16
|
||||
17
|
||||
18
|
||||
19
|
||||
20
|
||||
|
Jumlah
|
|||
|
Persentase
|
Skla/Kriteria Mengenai
Keaktifan Pada saat Proses Kegiatan Belajar Mengajar
Baik = setiap siswa mendengar, memperhatikan, melihat dengan
fokus dan ikut
terlibat aktif dalam proses pembelajaran secara
dinamik
Cukup = Setiap siswa terkadang kurang fokus akan segala perintah
guru namun
ketika terlibat dalam kondisi permainan cukup
aktif bergerak.
Kurang = Setiap siswa tidak memperhatikan apa yang guru perintahkan
dan
jarang aktif ketika proses belajar mengajar
dimulai.
Analisa ini dihitung dengan menggunakan statistik
sederhana yaitu :
Peneliti melakukan penjumlahan nilai yang
diperoleh siswa yang selanjutnya dibagi dengan jumlah siswa yang ada dikelas
terdsebut sehingga diperlukan rata-rata tes praktek dapat dirumuskan
Keterangan
Untuk mengetahui angka
persentase ketuntasan belajar siswa digunakan rumus yaitu :
Untuk mengetahui perbedaan dan
tingkat efesiensi penelitian peneliti menggunakan rumus yaitu :
S2
t =
|
nawal n2
Keterangan :
x = nilai satu orang siswa
x1 = nilai rata-rata seluruh siswa pada siklus I
x2 = nilai rata-rata seluruh siswa pada siklus II
S² = varian
SD = standar devisi
SD1
= standar devisi siklus I
SD2
= standar devisi siklus II
n1 = jumlah seluruh siswa siklus I
n2 = jumlah seluruh siswa siklus II
t = perbedaan rata-rata dari pengamatan
awal dengan siklus II
Analisis thitung > ttabel dan menunjukkan bahwa
Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat peningkatan dan
efektivitas terhadap metode yang digunakan.
saya boleh minta softcopy nya file ptk yg anda posting?. thanks sblmnya. kirim ke email sy ya... sunaah98@gmail.com
BalasHapussaya juga minta filenya? pinsen45@gmail.com
BalasHapus